Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut kita untuk dapat menguasai teknologi dengan baik, karena teknologi dibuat bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia. Oleh sebab itu, jika kita ingin hidup lebih mudah, maka kuasailah teknologi. ini berlaku pada setiap bidang dalam kehidupan manusia.

Begitupula dengan bidang pendidikan, agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan mudah dan efektif, maka diperlukan penguasaan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk menyebarluaskan penguasaan teknologi dalam pembelajaran kepada para guru diperlukan adanya penguasaan teknologi informasi dan komputer oleh para widyaiswara di seluruh Badan Diklat Keagamaan di lingkungan Kemetrian Agama Republik Indonesia. Pelatihan ini bertemakan Diklat Widyaiswara Pemanfaatan dan Pembuatan Media Belajar Berbasis TIK yang berlangsung antara tanggal 14 s.d. 24 Juni 2010.

Dalam diklat ini, diberikan beberapa materi penting dalam proses pembelajaran seperti Teknik Cepat Searching informasi Internet, Pengenalan dan Pemanfaatan Media Audio,  Pengenalan dan Pemanfaatan Media Video, Pengenalan dan Pembuatan Media Bahan Belajar On Line (Blog Edukatif), Pengenalan dan Pemeliharaan Hardware serta Install Program, Pengenalan dan Pembuatan Media Presentasi, dan lain-lain.  Berdasarkan materi yang diberikan, diharapkan dari keikutsertaan pelatihan ini adalah Widyaiswara Badan Diklat Keagamaan di lingkungan Kementrian Agama RI dapat memanfaatkan internet dalam proses belajar pembelajaran.

Iklan